• Jelajahi

    Copyright © Tintahukum
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan


     


     

    Reaganomics, Habibienomics, Rudinomics Yang Mengacu Pada Kebijakan Ekonomi

    Jumat, 07 Juli 2023, Juli 07, 2023 WIB Last Updated 2023-07-07T23:04:24Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini

     Reaganomics, Habibienomics, Rudinomics  Yang Mengacu Pada Kebijakan Ekonomi



    Batam, tintahukum.com | DI TAHUN 1980-an, muncul istilah "Reaganomics", yang mengacu pada kebijakan ekonomi yang diperkenalkan Presiden Amerika Serikat Ronald Reagan kala itu.


    Penulis Hasan Aspahani menyebut,

    Reaganomics adalah sebuah portmanteau, istilah gabungan antara Reagen dan economics.  


    Pembentukan istilah seperti ini populer pertama kali ketika Presiden Ronald Reagen dianggap berhasil membangkitkan dan menyelamatkan ekonomi Amerika dengan serangkaian kebijakan politik dan ekononomi. Pengamat menyebutnya dengan penuh respek sebagai "Reagenomics."


    Di Indonesia orang juga menyebut "Habibienomics" dengan rasa hormat kepada B.J Habibie yang kepemimpinannya dinilai berhasil menyelamatkan ekonomi Indonesia pascareformasi.


    Jangan jangan lupa, di Kota Batam ada Wali Kota Batam/Kepala Badan Pengusahaan Batam H Muhammad Rudi (HMR), yang selama kepemimpinannya, berhasil memulihkan ekonomi Batam pasca-Covid-19. 


    Tahun 2020 ekonomi Batam minus 2,25 persen. Namun dalan sekejap, di tahun 2021, tembus meroket hingga 4,75 persen. Tak berlebihan jika kita dengan penuh hormat menyebut ini sebagai "Rudinomics" atau "HMR-nomics".

     (Sulaeman)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini