• Jelajahi

    Copyright © Tintahukum
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan


     


     

    Pengamat : Media Perlu Dapat Perhatian Semu Kalangan Dan Jangan di Pandang Sebelah Mata

    Minggu, 31 Maret 2024, Maret 31, 2024 WIB Last Updated 2024-04-01T04:43:49Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini

     Pengamat : Media Perlu Dapat Perhatian Semu Kalangan Dan Jangan di Pandang Sebelah Mata



    Pontianak Kalbar


    Pengamat Dr Herman Hofi dalam keterangan tertulisnya ," Suatu  hal yang tidak bisa kita pungkiri bahwa  fungsi dan peran media  sangat penting  dalam berbagai aspek  kehidupan, dan bahkan sebagian  orang mengatakan dalam kehidupan  saat ini  informasi  sudah menjadi  kebutuhan pokok kata Herman Hofi Senin 1 April 2024.


    Hal ini  tidak hanya menjadi kebutuhan  masyrakat pada umum nya  akan tetapi juga  pemerintah, TNI, Polri dan instansi swasta menjadi  penting dalam   mempublikasikan berbagai program yang dilaksanakan oleh berbagain instansinya.


    Melalui media masyarakat bisa mengetahui kegiatan pembangunan, pemerintahan dan pelayanan kemasyarakatan. Yang dilakukan berbagai pihak baik TNI, POLRI KEJAKSAAN, dan lembaga  swasta  lain nya. Media massa adalah perantara atau instrumen  yang digunakan dalam menyampaikan berbagai  informasi pada publik  maupun pada pemerintah  dan APH. Sangat  tepat  dikatakan bahwa   media massa  merupakan pilar  demokrasi  dan mempunyai peranan yang penting dalam membangun kepercayaan, kredibilitas, bahkan legitimasi pemerintah.


    Hal ini di karena media  memiliki fungsi stategis sebagai  kontrol sosial dalam kehidupan demokrasi. 


    Fungsi kontrol ini menjadi  hal yang  sangat penting bagi masyarakat, karena  media melakukan cover both side (melihat sudut pandang berita dari dua sisi) yaitu media  sebagai alat kontrol sosial bagi pemerintah,  media penyampaian aspirasi masyarakat terhadap pemerintah. dan media  juga harus memiliki fungsi gate keeper, yaitu harus menyaring dalam setiap pemberitannya, artinya berita  yang di sajikan  memang benar  ada nya, atau  objektif  dan urgen  bagi berbagai  pihak  terkait.


    Dengan demikian  fungsi media  dapat mendidik masyarakat, serta dapat menjadi jembatan  antara pemerintah, TNI POLRI dan masyarakat.


    Masih ucap Hofi," Oleh karena  itu  para  wartawan agar selalu menjunjung tinggi Kode Etik Jurnalistik dan UU Pers dalam pelaksanaan tugas.


    Para jurnalis alias wartawan harus  terus memberikan informasi  yang baik  dan benar. 


    Baik  dan benar bukan bearti  wartawan  yang hanya pandai  memuja-muji pihak tertentu, melupakan fungsi kontrol nya. Wartawan  yang benar  adalah  wartawan  yang memiliki idealisme  dan selalu objektif  dalam pemberitaannya dan memahami informasi itu  penting  bagi masyarakat. 

    Tentu  saja  hal ini sangat  berat bagi  seorang  jurnalis karena  di satu sisi harus bisa menyajikan  informasi  yang objektif  tampa  ada kepentingan apapun, namun disisi  lain  tuntutan "kebutuhan hidup".


    Tapi yakinlah setiap informasi  yang benar  dan objektif   yang di sampaikan  maka akan  menghasilkan   sesuatu yang  positif  dalam kehidupan  seseorang. 


    Oleh karena  itu bersama-sama jurnalis  membangun  kalbar  yang informatif dan edukatif maka  kalbar kedepan akan memiliki budaya siang  yang tinggi.  Hal ini  sesuai dengan makna media 

    Media adalah bentuk jamak dari medium, yang berarti “tengah” atau “perantara”, sedangkan massa berasal dari bahasa Inggris, yaitu mass yang berarti “kelompok” atau “kumpulan”. 


    Mengingat  akan besarnya  peran media   dalam memverifikasi masyarakat dan sekaligus  sebagai bentuk kontrol terhadap  pemegang kekuasaan, maka  sangatlah  wajar  jika para jurnalis  ini mendapatkan  perhatian  pemerintah TNI dan Polri, dan instansi  lainnya sehingga  para jurnalis  dapat semakin semangat  dalam melaksanakan  tugas dan  fungsi nya.


    Upaya  membantu  para jurnalis ini  tentu saja  melewati organisasi  induk nya  sehingga terkoordinir  dengan baik, dan di pastikan  bahwa media masa  itu  memiliki legalitas  yang jelas  sebagaimana  yang dipersyaratkan oleh  Berbagai  regulasi.

    Sangat  wajar jika para wartawan  menjelang hari-hari raya keagamaan,  mendapatkan bingkisan2 tertentu dari berbagai  pihak  pemegang  kepentingan," Pungkas Dr Herman Hofi


    Sumber: Dr Herman Hofi

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini