• Jelajahi

    Copyright © Tintahukum
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan


     


     

    Langkah langkah Deteksi Dini Seputar Kanker Payudara Program SELANGKAH Siloam Hospitals Group

    Rabu, 21 Agustus 2024, Agustus 21, 2024 WIB Last Updated 2024-08-22T05:13:47Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini


    *Langkah langkah Deteksi Dini Seputar Kanker Payudara Program SELANGKAH Siloam Hospitals Group*

    Jakarta, 21 Agustus 2024 – Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang paling sering ditemukan. Melalui program SELANGKAH (Semangat Lawan Kanker), Siloam Hospitals Group berkomitmen untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya skrining dini dalam penanganan kanker payudara.

    Dalam acara "Bincang Sehat Seputar Kanker Payudara" yang diselenggarakan di Siloam Hospitals Mampang, dr. Mathelda Diah W., SpRad (K) Radiologi, dan dr. Sekar Dorojati Y., SpB, FINACS Bedah, dokter spesialis di Siloam Hospitals Mampang, berbagi informasi penting mengenai gejala, faktor risiko, dan langkah-langkah deteksi dini kanker payudara. Acara ini mendapat sambutan hangat dari para peserta, yang menunjukkan antusiasme mereka melalui partisipasi aktif dalam diskusi yang berlangsung.

    Beberapa gejala kanker payudara yang perlu diwaspadai antara lain:

    • Nyeri dan bengkak di area payudara.

    • Kemerahan pada kulit payudara.

    • Perubahan ukuran payudara.

    • Munculnya benjolan

    • Adanya cairan dari puting, yang jika bersifat ganas, umumnya berwarna coklat atau kemerahan.

    • Puting yang masuk ke dalam.

    dr. Sekar menjelaskan bahwa walaupun terdapat faktor risiko yang tidak bisa dikontrol, ada beberapa faktor yang dapat dikendalikan untuk mengurangi risiko terkena kanker payudara. "Menghindari obesitas, meningkatkan aktivitas fisik, mengadopsi pola makan sehat dengan banyak mengonsumsi buah dan sayur, serta menghindari konsumsi alkohol, merokok, dan penggunaan obat-obatan hormonal tanpa pengawasan medis adalah langkah-langkah penting," ujar dr. Sekar.

    dr. Mathelda menekankan bahwa deteksi dini adalah kunci dalam penanganan kanker payudara yang lebih efektif. Berikut langkah-langkah deteksi dini yang disarankan:

    • Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI): Lakukan pemeriksaan mandiri setiap bulan, terutama 7-10 hari setelah menstruasi selesai.

    • Pemeriksaan Payudara Klinis (SADANIS): Konsultasikan dengan tenaga medis untuk pemeriksaan payudara secara klinis.

    "Pemeriksaan kanker payudara melalui SADARI sebaiknya dilakukan 7-10 hari setelah mens dimulai. Jika ditemukan benjolan pada anak yang masih kecil, segera konsultasikan dengan dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. USG dapat dilakukan pada usia berapa saja, sedangkan mammografi dianjurkan bagi wanita di atas 40 tahun," ungkap dr. Mathelda.

    Salah satu peserta yang hadir, Ibu Irmawati, menyampaikan kesannya tentang acara ini. "Program SELANGKAH dan Bincang Sehat ini benar-benar memberikan informasi yang sangat dibutuhkan oleh para penderita kanker, serta memberikan pengetahuan yang penting mengenai skrining dini, khususnya bagi ibu-ibu yang masih awam tentang kanker payudara."

    Melalui program SELANGKAH, Siloam Hospitals Group berharap dapat memberikan pemahaman yang lebih baik kepada masyarakat mengenai pentingnya pencegahan dan deteksi dini dalam melawan kanker payudara


    --

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini