• Jelajahi

    Copyright © Tintahukum
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan


     


     

    Mahasiswa KKN UIN Jakarta 233 Gandeng Dinas Kesehatan Adakan Edukasi merawat Jenazah di SMKN 1 Kalanganyar

    Jumat, 09 Agustus 2024, Agustus 09, 2024 WIB Last Updated 2024-08-10T06:09:09Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini

     Mahasiswa KKN UIN Jakarta 233 Gandeng Dinas Kesehatan Adakan Edukasi merawat Jenazah di SMKN 1 Kalanganyar



    Lebak, 9 Agustus 2024 – Mahasiswa KKN Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak, baru-baru ini menyelenggarakan acara edukasi mengenai perawatan jenazah di SMKN 1 Kalanganyar. Kegiatan ini diadakan pada Jum'at 8 Agustus 2024 di ruangan kelas AK-4 dan disambut baik oleh semua jajaran baik pemerintah desa, kepala sekolah, hingga stakeholder terkait.


    Acara edukasi ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan praktis kepada siswa tentang tata cara perawatan jenazah yang benar dan sesuai dengan anjuran kesehatan (medis) serta norma-norma etika merawat jenazah. Mulai dari memandikan, mengafani, hingga menyolati. Dalam materinya, Dr. Faisal menjelaskan berbagai aspek teknis dan prosedural yang diperlukan dalam merawat jenazah, khususnya pembersihan jenazah dengan cara yang menghormati martabat manusia.


    Dalam sesi presentasinya, Dr. Faisal menggarisbawahi pentingnya pemahaman medis tentang perawatan jenazah. Ujarnya “Perawatan jenazah bukan hanya tentang aspek teknis, tetapi juga tentang menghormati dan menghargai hak-hak manusia hingga akhir hayat mereka. Namun, harus diketahui juga bahwa jenazah memiliki potensi untuk menyebarkan penyakit menular. Dengan pengetahuan ini, siswa diharapkan dapat lebih siap menghadapi berbagai situasi di masa depan dan berperan aktif dalam masyarakat,” ujar Dr. Faisal.


    Pemateri dari mahasiswa yang merupakan akitivis dalam bidang keagamaan dan moderasi beragama ustadz Khoiruddin menyampaikan dalam sesinya "dalam merawat jenazah perlu yang namanya siap dan ikhlas. Karena pahalanya sangat besar akan disayangkan jika niat kita salah dalam urusan merawat jenazah. Untuk itu ia berharap agar siswa mengetahui dan siap praktik di lapangan dengan ikhlas" ujarnya


    Kepala SMKN 1 Kalanganyar, ibu Ratna Ningsih, mengungkapkan apresiasi setinggi-tingginya terhadap kegiatan ini. “Kami sangat berterima kasih kepada mahasiswa KKN UIN Jakarta dan Dinas Kesehatan atas penyelenggaraan kegiatan edukasi yang sangat bermanfaat ini. Kami percaya bahwa pengetahuan yang diperoleh siswa hari ini akan memberikan kontribusi positif tidak hanya dalam konteks akademik, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari mereka di masyarakat.”


    Acara ini juga menjadi wadah untuk mempererat hubungan antara institusi pendidikan, masyarakat, dan lembaga kesehatan, serta menunjukkan komitmen semua pihak dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanan kesehatan. Kegiatan seperti ini diharapkan dapat menjadi bentuk kerjasama serupa di masa depan supaya memperluas cakupan pengetahuan siswa baik di bidang pendidikan, keterampilan, kesehatan hingga kemasyarakatan.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini