• Jelajahi

    Copyright © Tintahukum
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

     


    RSKI Galang: Meningkatkan Akses Kesehatan bagi Masyarakat Rempang dan Galang

    Sabtu, 26 Oktober 2024, Oktober 26, 2024 WIB Last Updated 2024-10-26T15:11:52Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini


    Keberadaan Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Galang mendapat apresiasi penuh dari masyarakat Rempang dan Galang. Di daerah yang sebelumnya hanya memiliki dua puskesmas di Rempang Cate dan Galang, hadirnya RSKI Galang melengkapi fasilitas kesehatan, sehingga masyarakat kini memiliki akses layanan kesehatan yang lebih mudah dan terjangkau.


    Hampir satu tahun sejak reaktivasi RSKI di Pulau Galang, dampak positif bagi kesehatan masyarakat sekitar mulai dirasakan. Rumah sakit yang awalnya berfungsi sebagai pusat penanganan COVID-19 ini kini telah bertransformasi menjadi penyedia layanan kesehatan umum bagi warga. Sepanjang tahun ini, RSKI Galang aktif mengadakan sosialisasi dan penyuluhan kesehatan di posyandu, puskesmas, serta menyediakan layanan home care bagi masyarakat, khususnya lansia atau warga yang kesulitan mobilitas.


    Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Rempang dan Galang, Artha Graha Peduli melalui Arthakes melibatkan masyarakat setempat sebagai tenaga kesehatan. Sebelum dipekerjakan, para tenaga kesehatan lokal diberikan pelatihan sesuai standar medis yang dibutuhkan. "Saya ingin berkontribusi untuk meningkatkan kesadaran dan fasilitas kesehatan di sini. Masih banyak warga yang membutuhkan edukasi tentang kesehatan dan pencegahan penyakit. Harapan saya, dengan fasilitas yang meningkat dan dukungan tenaga medis lokal, kesehatan masyarakat dapat terus membaik," ujar Nia, tenaga kesehatan Arthakes asal Sijantung, dalam keterangan yang diterima, Sabtu (26/10).


    Program-program yang dijalankan oleh RSKI Galang, seperti layanan kesehatan, home care, serta sosialisasi kesehatan, turut mendorong peningkatan kesadaran masyarakat tentang pola hidup sehat dan pentingnya pencegahan penyakit. Reaktivasi RSKI oleh Artha Graha Peduli resmi dimulai setelah penandatanganan kerja sama pada Jumat, 17 November 2023, oleh Mayor Jenderal TNI Mochammad Hasan, Pangdam I/BB, dan Fernaldi Anggadha dari Artha Graha Peduli.


    “Kami berusaha dekat dengan masyarakat melalui sosialisasi dan layanan kesehatan, termasuk home care bagi warga yang tidak bisa datang ke RSKI. Kami tidak hanya fokus pada pengobatan, tapi juga pada pencegahan, seperti pemeriksaan kesehatan rutin dan edukasi gaya hidup sehat,” jelas dr. Aulia, tenaga medis Arthakes.


    Salah satu warga, Bapak Burhan, merasa sangat terbantu dengan layanan home care yang ia terima. “Dulu kalau berobat harus jauh-jauh ke kota. Sekarang tim dokter datang ke rumah, ini sangat membantu, terutama bagi saya yang sudah sulit berjalan jauh,” ungkapnya.


    Selain kemudahan akses kesehatan, perubahan positif juga terlihat dalam gaya hidup sehari-hari warga. Banyak dari mereka kini lebih peduli pada pola makan sehat dan menjaga kebersihan lingkungan. RSKI Galang tidak hanya menjadi penyedia layanan kesehatan, tetapi juga pusat edukasi yang menekankan pentingnya pencegahan penyakit.


    Masyarakat berharap RSKI Galang terus hadir dan membawa dampak positif bagi kesehatan mereka. Dengan program kesehatan dan sosialisasi yang terus berjalan, semakin banyak warga yang diharapkan dapat merasakan manfaat dari layanan ini. Kehadiran RSKI Galang membuka akses yang lebih mudah bagi masyarakat Rempang, Galang, dan sekitarnya untuk mendapatkan layanan kesehatan yang berkualitas.


    Tim

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini