• Jelajahi

    Copyright © Tintahukum
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

     



     

    Sanggar Sinlamba Kembali Gelar Latihan Gabungan

    Senin, 07 Oktober 2024, Oktober 07, 2024 WIB Last Updated 2024-10-08T03:26:59Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini

     




    Jakarta - Perguruan Seni Beladiri Pencak Silat Sanggar Sinlamba Batavia kembali menggelar latihan gabungan (Latgab) sekaligus penyerahan Sertifikat Pelatih kepada lima dewan pelatih, di halaman kantor lama P2KK, Jl. Bunyamin Sueb, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (6/10/24).


    Latgab yang diselenggarakan Sanggar Sinlamba Batavia yang juga di ikuti oleh Cabang Sunter Jaya Pulo Kecil beserta sekretariat pusat dari Sunter Jaya Pulo Besar kali ini, berlangsung sejak Pukul 07.30 WIB.


    Terselenggaranya kegiatan yang mengangkat tema “Dari Kita, Oleh Kita, Untuk Kita dengan Motto “Semangat Berlatih Untuk Maju Bersama (Semar)” ini menjadi bukti komitmen PS Sanggar Sinlamba Batavia, dengan tujuan untuk melestarikan pencak silat tradisi Betawi yang sudah turun temurun. Selain itu, guna membangun terjalinnya tali silaturahmi antar cabang, kegiatan latihan gabungan ini rutin setiap bulan.


    “Latihan gabungan ini menjadi agenda kegiatan rutin kami dengan bekerja sama dari seluruh cabang maupun yang dari pusat. Bersama dengan kegiatan ini, kami juga melaksanakan penyerahan SK Pelatih. Yang diberikan langsung oleh Guru Besar Sanggar Sinlamba Batavia, H. Achmad Mukhlis yang akrab disapa Babe Mukhlis,' jelas H. Eman saat sambutan. 


    “Supaya semakin terjalin persaudaraan, kebersamaan serta kekompakan. Antar sesama saudara lahir batin didalam Sanggar Sinlamba Batavia. Maka guna untuk mewujudkan sesuai harapan bersama, perlu dilakukan berbagai upaya, salah satunya adalah melakukan latihan gabungan seperti ini,” tambah H Eman.


    Ketua Umum Sanggar Sinlamba Batavia, Erfan Pratama dalam sambutannya juga mengatakan, Ia berharap Latgab yang terlaksana setiap bulan ini dapat melahirkan para atlet pencak silat yang dapat mengharumkan nama perguruan.


    "Kedepannya, para atlit Sanggar Sinlamba Batavia juga dapat menjaga, membudayakan serta mengembangkan lagi seni silat tradisi Betawi yang merupakan peninggalan nenek moyang kita ini. Agar anak cucu kita dapat meneruskan warisan seni dan budaya yang luar biasa ini,” harap Erfan penuh semangat. 


    Kegiatan Latgab dibuka oleh guru besar Babe Muklis yang juga di ikuti dengan penyerahan Golok dari Babe Muklis kepada dewan pelatih Aditya Gunawan untuk diberikan kepada Drs. H. Nahrowi, Msi selaku penasehat Sanggar Sinlamba Batavia.


    “Pencak silat ini merupakan salah satu jenis olahraga dan seni bela diri yang telah mengakar menjadi budaya asli nusantara. Oleh karena itu, sudah semestinya kita pertahankan dan lestarikan bersama,” jelas Babe Mukhlis dalam sambutannya. 


    Selanjutnya usai menerima Golok yang diberikan Guru Besar Sanggar Sinlamba Batavia Guru Babe Mukhlis, secara simbolis H. Nahorowi juga berpesan kepada para dewan pelatih yang baru saja diberikan Sertifikat Pelatih. Agar bisa lebih bersemangat lagi, amanah lagi. Dalam mendidik akik-adiknya.


    "Agar kedepannya bisa lebih melahirkan lagi atlit - atlit yang profesional. Bisa lebih mengangkat marwah perguruan Sanggar Sinlamba Batavia," jelasnya.


    Usai dilakukannya sambutan serta penyerahan Sertifikat Pelatih dan simbolis penyerahan golok dari guru besar kepada Babe Mukhlis kepada H. Nahrowi, acara dilanjutkan dengan penampilan seni tradisi dari antar cabang. Baik itu seni tradisi katagori tunggal, ganda maupun berkelompok. Selanjutnya sebagai acara penutupan, dilangsungkan dengan penampilan atraksi seni bela diri tenaga dalam.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini